SMK FARMASI BEKASI 1

SMK,,, Bisa....!!!

Jam

Link

Musik

Kalender

Ruang Chatting

Pengumuman Unair

[LENGKAP]

Penerimaan Mahasiswa Baru Unair

[LENGKAP]

Pengumuman Sekolah

Latar Belakang

Oleh Admin 16-06-2012 01:45:57

KATA PENGANTAR

 Puji syukur kita panjatkan kepada Allah SWT yang telah memberikan nikmat tak terhitung sehingga institusi kami dapat melaksanakan pembuatan profil SMK Farmasi Bekasi 1.

Profil SMK Farmasi Bekasi 1 merupakan suatu uraian tentang sejarah singkat sekolah kami dan juga merupakan penilaian tentang keberadaan sekolah kami yang meliputi struktur organisasi, staff pengajar, kurikulum dan struktur program, peserta didik, lahan praktek fasilitas yang ada di sekolah kami.

Dengan adanya profil sekolah ini mohon kiranya sekolah kami mendapat koreksi/perbaikan serta bimbingan yang lebih baik agar dapat meningkatkan mutu pendidikan serta meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM).

LATAR BELAKANG  

Untuk mewujudkan derajat kesehatan yang optimal bagi masyarakat, maka pemerintah menyelenggarakan upaya kesehatan dengan pemberian pelayanan kesehatan yang profesional bersifat promotif, preventif, kuratif serta rehabilitatif sehingga Indonesia sehat dapat terwujud

Perkembangan ilmu dan teknologi dibidang kesehatan serta meningkatnya kondisi sosial dan ekonomi masyarakat menyebabkan meningkatnya kebutuhan dan tuntutan masyarakat akan pelayanan kesehatan yang lebih berkualitas. Untuk itu, diperlukan peningkatan sumber daya manusia agar dapat dihasilkan tenaga kesehatan yang profesional dan siap pakai ditengah masyarakat.

Untuk mendukung upaya kesehatan dan pencapaian sasaran pembangunan,  diperlukan tenaga kesehatan dalam jumlah, jenis dan kualitas yang tepat serta dapat diandalkan khususnya dalam bidang kefarmasian setingkat menengah. Saat ini tenaga lulusan sekolah menengah kejuruan farmasi adalah salah satu kategori tenaga kesehatan yang sangat berperan dalam bidang kesehatan dan oleh karena itu perlu dipersiapkan sebaik-baiknya.

Keputusan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 060/U/2002 tentang Pedoman Pendirian Sekolah Pasal 3 menyebutkan bahwa pendirian sekolah dapat dilakukan oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah dan atau masyarakat. Didasarkan atas kebutuhan masyarakat untuk memperoleh pendidikan dan merujuk Surat Edaran Menteri Pendidikan Nasional kepada gubernur seluruh Indonesia Nomor 14/MPN/HK/2007 tanggal 24 Januari 2007 perihal pemberian izin pendirian sekolah menengah bahwa rasio pada tahun 2004 antara jumlah peserta didik SMA dan SMK adalah 70:30, dan diharapkan pada tahun 2009/2010 rasio tersebut akan diarahkan menjadi 60:40. Hal ini dimaksudkan untuk mempercepat pertumbuhan sumber daya manusia tingkat menengah yang siap kerja, cerdas dan kompetitif yang pada akhirnya akan mendukung pertumbuhan ekonomi nasional.

Berdasarkan hal tersebut diatas, Depdiknas bekerja sama dengan pemerintah daerah melakukan penambahan unit SMK baru di berbagai kabupaten kota seluruh Indonesia serta dinas pendidikan provinsi dan kabupaten/kota dihimbau untuk lebih mendorong pertumbuhan sejumlah SMK dan membatasi pertambahan jumlah SMA. Jumlah sekolah menengah kejuruan bidang farmasi masih sangat terbatas, sehingga tenaga lulusan SMK kejuruan farmasi sangat dibutuhkan diberbagai instansi pelayanan kesehatan, agar pelayanan yang profesional dibidang farmasi dapat terpenuhi dan akhirnya akan membantu meningkatkan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat.

Instansi-instansi seperti rumah sakit pemerintah dan swasta, puskesmas, apotek-apotek, toko obat dan industri farmasi, dalam memberikan pelayanan kesehatan terutama bidang farmasi tentunya sangat membutuhkan tenaga-tenaga tamatan SMK bidang Farmasi yang profesional.

Dengan latar belakang di atas, Yayasan Pendidikan Bhakti Nusantara Bekasi, sebuah yayasan yang bergerak di bidang pendidikan, ingin berpartisipasi dalam menyelenggarakan pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan bidang Farmasi mulai tahun ajaran 2009/2010.

 

MENGENAL SMK Farmasi Bekasi 1  

A.   Nama dan Alamat Institusi

          Nama    : SMK Farmasi Bekasi 1

          Alamat  : Jl. Taman Narogong Indah Raya Blok D14

                         Rawalumbu Kota Bekasi 17115

                         Telp/Fax : (021) 82412723

 

1. Sejarah Singkat     

SMK Farmasi Bekasi 1 beroperasi sejak tahun 2009 dimana pada tahun pertama menempati gedung di Jalan Pengasinan Raya No. 72-73 Pondok Hijau Bakasi Timur dibawah pimpinan Kepala Sekolah Dra. Hj. Zuzana, Apt. Selanjutnya pada bulan April 2011 menempati gedung di Jalan Taman Narogong Indah Raya Blok D14 Rawalumbu Bekasi Timur .

SMK Farmasi Bekasi 1  mendapatkan SK Pendirian dari Kepala Dinas Pendidikan Kota Bekasi No. 800/3775-Dikmen/XII/2010.

Sejak tahun 2010 kami mulai melaksanakan PKL dibeberapa tempat diantaranya:

  1. Puskesmas Rawalumbu
  2. Puskesmas Bantar Gebang
  3. Rumah Sakit Umum Daerah Kota Bekasi
  4. Rumah Sakit Permata
  5. Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Bekasi
  6. Rumah Sakit Mekar Sari
  7. Rumah Sakit Graha Juanda
  8. Rumah Sakit Thamrin
  9. Rumah Sakit Bani Saleh

 2. Dasar Hukum

SK Pendirian SMK Farmasi Bekasi 1 dikeluarkan berdasarkan Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Kota Bekasi Nomor :  800/3775-Dikmen/XII/2010 tentang Pemberian ijin operasional kepada yayasan Bakti Nusantara yang beralamat di jalan Pengasinan Raya No. 72-73 Pondok Hijau Rawalumbu Bekasi Timur Kota Bekasi untuk menyelenggarakan  SMK Farmasi Bekasi 1 dengan program studi keahlian : kesehatan dengan kompetensu keahlian : farmasi mulai tahun pelajaran 2010-2011 tertanggal 14 Desember 2010.

3. Akte Notaris

Pendirian Yayasan Bhakti Nusantara dengan Akte Notaris Halimah Sa’diyah, SH.Mkn berdasarkan Keputusan Menteri Kehakiman Republik Indonesia Nomor : 4 tanggal 6 Oktober 2009.

4. Staf Pengajar

Guru mata pelajaran teori maupun praktek terdiri dari guru/staf pengajar tetap dan tidak tetap, dengan latar pendidikan S1 alumni universitas negeri dan swasta terkemuka, dengan bidang studi sesuai dengan yang tertera dalam kurikulum. Guru-guru tersebut selain telah berpengalaman mengajar di sekolah, juga praktisi-praktisi di bidang farmasi seperti di rumah sakit, bidang pemasaran (PBF), industri farmasi baik modern maupun tradisional, instansi pemerintah.

NO

NAMA GURU

Bid. Study




1

Dra. Hj. Zuzana, Apt.

Ilmu Resep


 

 

Bahasa Latin


2

Yuyun Sopiyanah, S.Si, Apt.

Farmakologi


 

 

IKM


 

 

Prkt. Resep


3

Eka Yuniarti

Kimia


 

 

Prkt. Kimia


 

 

Kimia Terapan


4

Maulida Rose Indiyati, S.Pd

PKn


5

Andin Setianingsih

Manfar


6

Ardiben Sihombing

Agama Kristen


7

Basuki Riyanto, SE

KWU


 

 

KKPI


 

 

Manfar


8

Dimas Editia Santosa

Penjas


9

Dhona Alhirta Ika H, S.Pd

IPS


10

Dra. Isnalinda, Apt.

Prkt. Resep


 

 

Ilmu Resep


 

 

PP Resep


 

 

Farmakologi


11

Dra. Titi Lestari, Apt.

Farmakognosi


 

 

Prkt. F. kognosi


 

 

Farmakologi


12

Dra. Tri Murdiatun, Apt.

UUK


 

 

IKM


13

Fahri, S.Pd

BK


14

Fathiyah Ulfa, S.Pd

BK


15

Firdiani Sari, S.Si, Apt.

Prkt. Resep


16

Fitriani, S.Si, Apt.

PP Resep


 

 

Ilmu Resep


 

 

Prkt. Resep


17

Iman Zulkarnain

KKPI


18

Khatamul Aulia M., S.PdI

Agama Islam


19

Laura Theresia, S.S

Seni Budaya


20

Lina Octika Rodiana, S.Pd

B. Indonesia


21

Muthmainah, S.Pd

Kimia


 

 

Prkt. Kimia


22

Najarudin, S.Si

KWU


23

Nur Trihastuti, S.Si

MTK


24

Ritha Yuniata, ST

MTK


25

Saefuloh, S.Ag

Agama Islam


 

 

B. Sunda


26

Sarah F., S.Si, Apt.

PP Resep


 

 

Prkt. Resep


27

Sri Handayani, S.Si

Biologi


28

Sukaesih, S.Pd

PKn


29

Suprapti, S.Pd

B. Inggris


30

Windy Lestari, S.Si, Apt.

Prkt. Resep


 

 

UUK


31

Zuliyati, ST

Fisika


 

5. Fasilitas Sekolah

SMK Farmasi Bekasi 1 mempunyai fasilitas sarana dan prasarana sebagai berikut :

1.

Gedung kampus dilokasi strategis

2.

Ruangan ber-AC

:

Ruang Sekretariat/kantor

Ruang Kelas

3.

Ruang Laboratorium

:

Lab. Kimia

Lab. Komputer

Lab. Resep

4.

Musholla

 

 

5.

Kantin

 

 

6.

Pelataran Parkir

 

 

7.

Taman

 

 

8.

WC/Toilet

 

 

9.

Pos Satpam

 

 

 

6. Kurikulum dan Struktur Program

Kurikulum yang digunakan mengacu pada Kurikulum SMK Farmasi Bekasi 1 sebagai berikut :

Bidang  Studi Keahlian      : Kesehatan

Program  Studi Keahlian    :  Kesehatan

Kompetensi Keahlian        :  Farmasi

Lama Pendidikan             :  3 Tahun